LKIR TINGKAT SMA NASIONAL BIDANG KELAUTAN

Alhamdulillah SMA Al Amin Paciran meraih juara harapan2 dalam lomba LKIR Tingkat SMA Nasional di bidang kelautan tentang pembuatan bedak dari cangkang rajungan, berikut abstraknya

PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG RAJUNGAN (PORTUNUS PELAGICUS) DI DESA PACIRAN LAMONGAN SEBAGAI BEDAK TABUR (LOOSE POWDER)

(OLEH: DWI AFIFATUL AZIZAH, JAMALUDDIN AL AFGHONIE, ZANUBA ANGGIE YANTI)

 

ABSTRAK

 

Rajungan (Portunus pelagicus) merupakan salah satu jenis organism laut yang banyak terdapat di perairan Indonesia. Berdasarkan data Departemen Kelautan dan Perikanan (2005), ekspor rajungan beku sebesar 2813,67 ton tanpa kulit (dagingnya saja), dan rajungan tidak beku (bentuk segar maupun dalam kaleng) sebesar 4312,32 ton. Cangkang rajungan merupakan hasil samping dari pengolahan rajungan. Multazam (2002) menyatakan bahwa dalam satu ekor rajungan dengan bobot tubuh berkisar anatara 100-350 g, terdapat cangkang sekitar 51-177 g. Cangkang rajungan yang hanya sebagai limbah ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik yang sering dikonsumsi oleh para kaum hawa yaitu pembuatan bedak tabur (Loose Powder). Dengan menggunakan metode eksperimen pengolahan cangkang rajungan diawali dengan mengubahnya menjadi tepung rajungan kemudian tepung rajungan yang banyak mengandung CaCO3 diolah dan dimanfaatkan lebih lanjut menjadi bahan dasar pembuatan bedak tabur (Loose Powder). Hal ini dilakukan untuk mengurangi penumpukan sampah hasil laut sehingga lingkungan laut akan tampak lebih indah dan asri serta variasi kosmetik bisa lebih banyak lagi.

 

 

 

Kata kunci : Portunus pelagicus, pembuatan bedak tabur (Loose Powder), pengurangan penumpukan limbah laut, metode eksperimen.

 


© Hak Cipta 2020 Yayasan Al Amin - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft